Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank

08.18
Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFKNews Sekilas Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank
link : Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank

Baca juga


Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank


Beritaterheboh.com - Nasib kurang beruntung dialami oleh seorang warga. Bagaimana tidak, uang yang ia simpan dengan jumlah jutaan rupiah harus lenyap sebagian karena dimakan rayap.

Foto uang yang dimakan rayap itu pun viral karena diunggah di media sosial.

Warga kurang beruntung itu bernama Putri Buddin, warga Jakarta Selatan. Putri bercerita, uang itu sebenarnya ialah uang yang ia berikan ke neneknya 2 tahun untuk simpanan.


"Jadi tadinya uang itu aku kasih nenek aku. Cuma nenek aku selalu nolak buat nerima uang. Akhirnya aku bilang ditabung aja, kalau nenek mau ambil, ambil aja, gitu," katanya kepada detikFinance, Selasa (20/8/2019).


Mulanya, dia memberikan uang ke neneknya sekitar Rp 3 juta. Tapi, uang itu dikembalikan ke Putri. Sang nenek, kata Putri, memintanya untuk menyimpan sendiri.

Putri pun memilih untuk menyimpannya ke lemari kayu. Dia berkata kepada neneknya agar mengambil uang itu saat dibutuhkan.

"Seingat aku, ngasih ke nenek aku cuma sekitar Rp 3 jutaan, tiba-tiba dia ngasih uang dia bilang 'nih udah banyak simpan sendiri aja'. Akhirnya aku simpen di lemari kayu, terus aku bilang 'kalau nenek mau ambil, ambil aja di sini'," ujarnya.

Memang, Putri sempat berpikir jika uang itu diambil neneknya. Lantaran, ia sempat melihat neneknya bolak-balik ke lemari kayu tersebut.

Hingga, nenek Putri meninggal setahun lalu. Putri pun lupa jika menyimpan uang tersebut di lemari.

Bertepatan 17 Agustus lalu, Putri kembali menyentuh lemari kayu tersebut. Ia berniat mencari baju untuk pergi. Tak di sangka, ia melihat banyak sekali rayap di lemari. Di sana juga, ia melihat uang itu masih ada dan tidak diambil si nenek.

"Pas aku lihat uang yang aku simpan itu nggak diambil nenek aku, tapi ditambahin malah," ujarnya.


Putri memperkirakan, uang yang tersimpan di lemari mencapai Rp 10 juta. Sebab, ada dua bundel atau gepok duit.

"Jadi dari Rp 3 juta itu, pas aku lihat dia (uang) sudah kena rayap, aku taksir Rp 10 jutaan, karena sudah ada dua bundel. Satu bundel itu sudah jadi sarang rayap banget, langsung dibuang kan. Satu bandel lagi dimasukin di plastik, yang satu lagi dibuang itu dimasukan map," jelasnya.

Putri menuturkan, dari sekitar Rp 10 juta, yang berhasil selamat sekitar Rp 5,4 juta. Uang yang selamat itu ia unggah di Twitter dan mendapat respons dari warganet.

"Aku upload Twitter, ternyata responsnya banyak banget dan pada nyuruh ke BI (Bank Indonesia). Yaudah ke BI," tutupnya.


Duit Rusak Dimakan Rayap, Bisa Nggak Sih Ditukar Baru?


Mengutip laman resmi BI, Selasa (20/8/2019), BI dan pihak yang disetujui oleh BI memberikan penggantian uang rusak dengan ketentuan, apabila uang itu dapat dikenali ciri-ciri keasliannya dan memenuhi kriteria penggantian uang rusak. Lalu, bank wajib menukar uang rusak tersebut dengan uang layak edar sejumlah uang rusak yang ditukarkan.

Lalu, apabila ciri-ciri keasliannya sulit diketahui, penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak untuk penelitian selanjutnya. Uang rusak yang ciri-ciri keasliannya sulit dikenali dapat dikirimkan dalam kemasan yang layak ke BI. Hasil penelitian dan besarnya penggantian akan diberitahukan pada kesempatan pertama.



Adapun kriteria uang rusak yang diberi ganti sesuai nominal ialah, pertama, fisik uang rusak lebih dua per tiga (2/3) ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya.

Kedua, uang rusak masih merupakan kesatuan dengan atau tanpa nomor seri lengkap dan ukurannya 2/3 ukuran aslinya. Serta, ciri uang dapat dikenali keasliannya.

Ketiga, uang rusak tidak merupakan satu kesatuan tapi terbagi paling banyak dua bagian terpisah. Kedua nomor seri pada uang tersebut lengkap dan sama. Serta, ukurannya 2/3 ukuran aslinya dan dikenali ciri keasliannya.


BI tidak memberikan penggantian kerusakan jika fisik kertas kurang dari 2/3 ukuran aslinya. Lalu, uang kertas rusak tidak merupakan satu kesatuan dan terbagi paling banyak dua bagian, nomor serinya berbeda.

"Bank Indonesia tidak memberikan penggantian atas uang rusak apabila menurut pertimbangan Bank Indonesia kerusakan uang tersebut diduga dilakukan secara sengaja atau dilakukan secara sengaja," bunyi keterangan BI.












from Berita Heboh https://ift.tt/2KKQhfv
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank

Sekianlah artikel Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya Hingga Ditukar di Bank dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/08/viral-duit-jutaan-rupiah-dimakan-rayap.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar