Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta

09.22
Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta
link : Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta

Baca juga


Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta

Liputan6.com, Jakarta - Wacana mendatangkan rektor asing terus didorong oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir. Kemarin mantan rektor Universitas Diponegoro itu sudah bertemu Presiden Joko Widodo mengutarakan akan merevisi regulasi terkait hal tersebut.

Jokowi pun setuju, namun perlu ada peraturan yang diperbaiki. Natsir menjelaskan terdapat 16 peraturan yang direvisi.

Salah satunya terkait kriteria rektor yang sebelumnya hanya terdaftar sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan merupakan warga negara Indonesia (WNI). Nantinya bisa dari non-PNS serta orang asing yang miliki citra baik.

Saat ini dia juga akan mendorong perguruan tinggi swasta terlebih dahulu untuk bisa menerapkan rektor asing. Sebab menurut dia lebih mudah dan tidak terlalu rumit dalam menerapkan peraturan.

"Saya akan dorong universitas swasta bisa masuk dulu. Nanti negeri, kami akan tata peraturan pemerintah," kata Natsir di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Dia yakin 2020 beberapa rektor asing sudah mulai nemimpin perguruan tinggi negeri atau swasta. Lalu empat tahun kemudian atau pada 2024 jumlahnya ditargetkan meningkat menjadi lima PTN. Bahkan, wacana ini sudah ia laporkan kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Saya sudah laporkan kepada Bapak Presiden, dalam hal ini wacana untuk merekrut rektor asing ini, yang punya reputasi. Kalau yang tidak punya reputasi, jangan," kata Nasir.

2 dari 3 halaman

Bandingkan dengan Negara Lain

Natsir meminta kepada pihak yang menolak mendatangkan rektor asing agar membandingkan beberapa negara yang sudah menganut hal tersebut.

Seperti Singapura, kata dia Nanyang Technological University (NTU), Singapura yang melonjak ke peringkat 12 besar dunia karena mengundang rektor asing. Tidak hanya itu, Arab Saudi juga mengikuti hingga kini peringkatnya sudah masuk 189 di dunia.

Rencananya, kata dia, menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla Dekan Fakultas Teknik di Universitas Hasanudin (UNHAS) akan merekrut dari asing.

"Pak Wapres sudah menyampaikan pada saya, pak JK, Unhas sebentar lagi juga akan ada dekan Fakultas Tekniknya dari orang asing juga," ungkap Nasir.

Dia meminta agar masyarakat tidak alergi terkait hal tersebut. Jika tidak, Indonesia menurut dia tidak akan berkembang.

"Padahal itu hal biasa di dunia perguruan tinggi. harus berkolaborasi," kata Natsir.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2PkhxpN
August 20, 2019 at 07:31AM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com https://ift.tt/2PkhxpN
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta

Sekianlah artikel Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menristekdikti: Rektor Asing Akan Dimulai dari Perguruan Tinggi Swasta dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/08/menristekdikti-rektor-asing-akan.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar