3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian

08.57
3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian
link : 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian

Baca juga


3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan, sebenarnya menyimpan banyak kekayaan budaya. Salah satunya adalah Batik Betawi. Namun, batik ini bisa dibilang kalah pamor dengan batik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam Batik Betawi ini, motif yang diunggulkan adalah ondel-ondel dan tugu monas yang merepresentasikan budaya Jakarta. Merasa masih ada nilai yang bisa dibawa, Yayasan MEEK Nusantara yang merupakan yayasan sosial mencoba menggali lebih dalam budaya Jakarta yang lain agar dapat dikenali masyarakat.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan motif batik yang dibuat oleh masyarakat di Rusunawa Marunda. Hal ini disampaikan pada acara Menyentuh Hati, Mengubah Hidup yang dilaksanakan di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat pada Jumat (27/9/2019).

Yayasan MEEK Nusantara memang sudah menaungi masyarakat di Rusunawa Marunda sejak 2013. Bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, mereka memfasilitasi transformasi Marunda yang masyarakatnya merupakan warga relokasi akibat banjir besar di Pluit pada 2013 agar bersih, indah, sehat dan peduli.

"Mau membentuk mentalitas yang kaya, dengan arti memiliki mental pemenang dan berdikari," ujar Mieke Kolonas, Wakil Ketua Yayasan MEEK Nusantara.

Berlandaskan visi yang ada, mereka ingin memberdayakan masyarakat, terutama ibu dan anak di Rusunawa Marunda, dengan mengajari mereka membuat kain batik tulis yang dapat dipasarkan luas. Setelah enam tahun berdiri, Yayasan MEEK Nusantara mencoba mencari cara baru untuk memperkenalkan Batik Marunda ke kalangan yang lebih luas lagi, yakni dengan mengajak desainer mode Indonesia untuk berkolaborasi.

Beberapa desainer dan brand yang diajak adalah (X).S.M.L, SAMASAMA dan Mira Hadiprana for Indonesia. Brand tersebut diajak untuk mengombinasikan pakaian ready to wear dengan Batik Marunda. Selama ini, batik kerap digunakan hanya dalam kegiatan formal atau adat.

Ketiga brand ini digaet karena sudah akrab di kalangan anak muda, sehingga dirasa cocok untuk mengenalkan pakaian trendy, modis dan megusung nilai budaya Jakarta. Terlebih, tidak ada batasan atau larangan khusus dari setiap motif kain sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

"Awalnya ragu, belom pernah memegang batik. Tapi kita kan fearless, kita coba lihat dulu. Kebetulan banyak warna hitam putih yang sesuai dengan kita. Selama 20 tahun berkarya, kami coba memadukan heritage Indonesia yg kaya dan inovatif," ujar Jun Mardi, CEO brand (X).S.M.L.

Desainer Mira Hadiprana merasa bahwa Batik Marunda adalah batik 'zaman now', sehingga ketika orang memakainya, akan ada rasa berbeda karena motifnya yang jarang ditemui.

"Setiap desainer Indonesia pasti punya satu kerinduan, ingin budaya Indonesia yang bisa masuk dalam desain. Kenapa? Supaya kita semakin cinta bangsa kita. Dengan apa yang kita pakai, itu adalah sebuah deklarasi bahwa saya cinta dengan bangsa saya," tutur Mira lagi.

2 dari 3 halaman

Mengusung Motif Flora dan Fauna

Motif yang diangkat dalam koleksi kali ini adalah flora dan fauna khas Jakarta. Mira Hadiprana yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris Yayasan MEEK Nusantara mengatakan ide ini diinisiasi oleh Veronica Tan, pendiri dari Batik Marunda.

"Dia mau membuat batik yang betul-betul khas Jakarta. Jadi digali, kira-kira itu apa sih floranya gitu," ujar Mira yang sekaligus menjabat sebagai sekretaris Yayasan MEEK Nusantara.

Bunga melati, kembang telang dan anggrek adalah motif yang digunakan untuk jenis floranya. Sedangkan untuk motif fauna, terdapat motif bebek, ikan hiu dan burung kipasan. Motif ini dipilih karena melihat Jakarta banyak menyimpan kekayaan spesies flora dan fauna tersebut. Seperti burung kipasan yang banyak terdapat di Pulau Seribu.

"Nggak pernah kan ada bebek yang masuk ke dalam batik," ujar Mira.

Motif-motif tersebut digambar oleh perancang busana lokal, Wendy Sibarani dan dibantu pewarnaannya oleh ibu-ibu dari Rusunawa Marunda. Terdapat 36 koleksi pakaian dari tiga desainer yang hadir dalam kolaborasi dengan Batik Marunda ini.

Hasil lelang dari pakaian ini akan digunakan sebagai dana tambahan kepada pembatik, membeli alat dan bahan seperi pewarna kain dan program pemberdayaan ibu dan anak lainnya. Sejauh ini, Yayasan MEEK Nusantara telah memberikan pendidikan kepada anak melalui pengajaran menggambar, bernyanyi, bermain angklung dan olahraga. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2nWIbrf
September 28, 2019 at 07:03AM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com https://ift.tt/2nWIbrf
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian

Sekianlah artikel 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Brand Otak-atik Batik Marunda agar Lebih Kekinian dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/09/3-brand-otak-atik-batik-marunda-agar.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar