Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!

10.32
Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan! - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFKNews Sekilas Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!
link : Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!

Baca juga


Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!


Beritaterheboh.com - Bilik atau chamber disinfektan saat ini semakin mudah ditemukan di tempat umum seperti area perkantoran hingga pintu-pintu masuk perumahan. Ini bertujuan untuk membunuh virus yang mungkin menempel pada tubuh.

Namun, menurut dokter paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, keberadaan bilik disinfektan itu tidak memberikan manfaat apa-apa. Menurutnya, bilik ini tidak efektif untuk membunuh virus yang ada di tubuh, apalagi di paru-paru.


"Tidak. Nggak ada (fungsinya)," tegasnya saat dihubungi detikcom, Senin (30/3/2020).

Menurut dr Frans, terlalu sering menggunakan bilik ini bisa menimbulkan iritasi, batuk dan sesak. Ini karena bahan kimia yang terkandung di dalam cairan disinfektan tersebut.

"Bisa saja. Bahan kimia bisa mengiritasi kulit jadi kemerahan, gatal dan mungkin terkelupas," ujar dr Frans.

"Ke paru-paru juga mengakibatkan batuk dan sesak," imbuhnya.

dr Frans mengatakan, iritasi ini bisa muncul setelah beberapa hari pemakaian bilik disinfektan itu. Bahkan, dalam pemakaian jangka panjang, iritasi kronis juga bisa muncul hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Cara paling efektif untuk menangkal virus corona COVID-19 sejauh ini adalah dengan saling menjaga jarak atau physical distancing dan sering-sering cuci tangan pakai sabun.

WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan, Bahaya Jika Kena Selaput Lendir


 Keberadaan bilik atau chamber disinfektan belakangan ini makin mudah ditemukan. Bilik-bilik penyemprotan disinfektan untuk seluruh badan tersebut ada di gedung-gedung perkantoran dan bahkan mudah ditemukan di pintu-pintu masuk perumahan. Amankah bila disinfektan disemprotkan langsung ke tubuh manusia?
Lewat akun resminya di media sosial, WHO Indonesia mengatakan hal itu sebaiknya tidak dilakukan. Menyemprotkan bahan-bahan kimia disinfektan langsung ke tubuh manusia bisa membahayakan jika terkena pakaian dan selaput lendir seperti mata dan mulut.

Bahan-bahan seperti alkohol dan klorin, menurut WHO bisa berguna sebagai disinfektan untuk permukaan benda mati. Itu pun harus sesuai petunjuk penggunaannya.

Para pakar dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung mempertegas pendapat tersebut dengan mengatakan tidak ada data ilmiah yang menunjukkan seberapa efektif bilik disinfektan bisa membunuh virus. Penggunaan bahan-bahan kimia tertentu sebagai disinfektan juga punya risiko bagi kesehatan.

"Inhalasi gas klorin (Cl2) dan klorin dioksida (ClO2) dapat mengakibatkan iritasi parah pada saluran pernapasan," tulis para pakar ITB dalam rilisnya baru-baru ini.



from Berita Heboh https://ift.tt/2vUIVl0
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan!

Sekianlah artikel Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dokter Paru Sebut Bilik Disinfektan Tak Membunuh Corona, Malah Bikin Batuk. WHO Beri Peringatan! dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2020/03/dokter-paru-sebut-bilik-disinfektan-tak.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar