Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat

14.03
Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFKNews Sekilas Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat
link : Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat

Baca juga


Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat


Beritaterheboh.com - Politikus PDIP Adian Napitupulu sempat ditolong oleh seorang dokter THT saat kolaps dalam penerbangan dari Jakarta menuju Palangka Raya pada Kamis (19/12) lalu. 


dr Tiara Destafia, yang kebetulan menjadi penumpang dalam penerbangan tersebut, membantu Adian dengan memasangkan tabung oksigen dan infus. 

Kepada kumparan, Tia --panggilan Tiara--, menceritakan pengalamannya saat memberikan pertolongan pertama terhadap Adian. Saat itu, Tia mendengar pengumuman dari pramugari bahwa ada penumpang yang sakit dan butuh petugas medis.

"Diumumin lagi apakah ada di antara penumpang yang berprofesi medis," ungkap Tia, Sabtu (21/12). 


Setelah mendengar pengumuman itu, Tia bertanya kepada seorang pramugari tentang kondisi penumpang yang sakit, yakni Adian. Pramugari itu menjawab Adian mengalami sesak nafas.
"Ya sudah Tia bilang, saya dokter. Waktu Tia tanya, 'bapak sesak?'. Bapak (Adian) cuma bilang ini tekanan darah rendah, saya lemas minta oksigen," cerita dokter THT dari RS Muhammadiyah Palangka Raya itu.  

Wanita berusia 36 tahun itu lalu bertanya apakah Adian Napitupulu memang memiliki tekanan darah rendah, namun tidak dijawab. Akhirnya dibantu pramugari, Tia mulai memasang oksigen dan infus. Ia juga mengecek nadi Adian.

Sebelum memasang oksigen, Tia juga berusaha menekan telinga Adian dan memanggil-manggilnya. Hal itu dilakukan untuk mengukur tingkat kesadaran aktivis '98 itu.

"Sebelumnya tuh aku panggil dia, tekan telinga, 'pak, buka mulutnya pak', sambil tekan kupingnya. Buka, telan, dia berusaha buka mata tapi enggak bisa full," ujar Tia.

"Itu rangsangan sakit, karena salah satu penilaian untuk kesadaran dia masih bisa menolak dengan rangsangan sakit," imbuhnya.

Tia juga merendahkan kursi Adian dan ikut memberikan asupan gula, seperti lewat teh manis hangat. Ia juga beberapa kali melontarkan pertanyaan, untuk memastikan Adian masih dalam kondisi sadar. 

"Akhirnya ada (alat) tensi diambil sama pramugara, dibuka. Pas ditensi di bawah 90," jelasnya. 

Ia juga memastikan Adian tidak sesak nafas, karena nafasnya cukup teratur. Tia juga enggan berasumsi apakah Adian mengalami serangan jantung, karena saat itu banyak kemungkinan bisa terjadi. 

Tia yang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya itu tidak berani terlalu intervensi karena tak mengetahui riwayat penyakit Adian. Termasuk soal penyakit jantung.

"Tapi saat itu banyak kemungkinan, bukan cuma jantung. Karena dia tensinya drop, nadi lemah, aku pikir bantu pasang infus dulu. Intinya itu. Karena aku tidak tahu banyak riwayat dia, jadi enggak berani intervensi lain," tutur dia. 

Ibu satu anak ini memang tak lama mendampingi Adian, karena pesawat akan landing. Setibanya pesawat di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Adian sudah diserahkan sepenuhnya kepada tim kedokteran bandara. 

"Enggak (dampingi), karena langsung diambil alih tim dokter di bandara. Jadi waktu landing, langsung tim kesehatan masuk pesawat, ambil lalu angkat dia ke ambulans," ucap Tia. 

Pengalaman Tia memberi bantuan pertolongan pertama kepada Adian memberi kesan tersendiri. Sebab, ia tak pernah dalam posisi menolong penumpang di pesawat. (kumparan.com/artikel asli)




from Berita Heboh https://ift.tt/2EHUw80
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat

Sekianlah artikel Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bikin Haru, Cerita dr. Tiara Beri Pertolongan Pertama Adian Napitupulu di Pesawat dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/12/bikin-haru-cerita-dr-tiara-beri.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar