Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini

14.00
Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KUTULIS.id, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini
link : Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini

Baca juga


Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini

Puasa, ramadhan, lelah, ngantuk
Foto: pixabay

Saat menjalankan puasa tidur yang cukup bisa mempengaruhi kita saat beraktivitas saat berpuasa. Namun jadwal tidur saat Ramadhan perlu penyesuaian karena adanya jadwal tambahan misalkan saat makan sahur.



Pimpinan divisi seputar teknologi tidur di London Sleep Centre Dubai mengatakan "Tubuh harus cukup tidur dalam segala kondisi supaya kita tidak mudah lelah, mengantisipasi mood yang naik turun, dan mudah cemas. Kurang tidur berisiko meningkatkan nafsu makan yang bisa menyulitkan pelaksanaan puasa Ramadhan".

Bagi kalian yang sering merasa ngantuk saat puasa, berikut adalah tips yang bisa dilakukan selama puasa Ramadhan yang dikutip dari The National.

1. Perhatikan pola makan
Pola makan sangat penting untuk menjaga kecukupan tidur selama Ramadhan. Saat berbuka puasa baiknya hindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak yang terlalu banyak. Sistem pencernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur. Tubuh juga harus menanggung efek samping usai mengonsumsi makanan tersebut, misalnya rasa panas di dada setelah makan hidangan pedas atau tambahan lemak setelah memakan gorengan.

2. Perhatikan lingkungan tidur
Dwngan jam tidur yang berkurang selama Radhan, istirahat malam harus dipastikan berkualitas. Untuk memastikan kualitas tidur, pastikan kamar tidur kita dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Bila perli bisa menggunakan earplug atau masker mata untuk memudahkan tubuh istirahat dan tidur.

3. Mencoba power nap
Power nap adalah metode tidur yang dilakukan selama hanya 20 menit saja di sela kegiatan, guna untuk mengembalikan stamina. Tips ini biasa dilakukan para komuter yang merasa ngantuk saat mengendarai mobil atau motor jarak jauh. Tidur bisa dilakukan di dalam mobil atau tempat lain yang lebih tenang. Power nap sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena tidur berisiko lebih nyenyak, yang justru menimbulkan rasa lelah.

4. Tidur lebih cepat
Tidur 7-8 jam sehari masih bisa diperoleh dengan pengaturan jadwal yang tepat. Jika biasanya tidur pukul 23.00, khusus bulan Ramadhan bisa dimulai jam 22.00 dan bangun pukul 03.00 untuk menyiapkan serta makan dengan memanfaatkan waktu istirahat siang atau di sela kegiatan harian.


loading...

Demikianlah Artikel Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini

Sekianlah artikel Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Biar Gak Ngantuk Saat Puasa, Bisa Coba Tips Ini dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/05/biar-gak-ngantuk-saat-puasa-bisa-coba.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar