Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan

07.33
Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFKNews Sekilas Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan
link : Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan

Baca juga


Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan


Beritaterheboh.com - Sebuah kisah viral menyebar di media sosial. Seorang mahasiswa di Bandung mengaku masuk UGD karena jantung berdebar-debar sehabis minum es kopi di sebuah kedai, dan diyakininya berhubungan dengan asupan kafein.

Dalam cuitannya yang viral, mahasiswa bernama Ilham Rachmat Putera tersebut menyinggung kondisi abnormal denyut jantung atau Supraventricular Tachycardia (SVT).

Menurut dokter jantung dari RS SIloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, SVT merupakan kelainan penghantaran listrik di jantung yang sebenarnya tidak secara langsung berhubungan dengan asupan kopi. Beberapa orang baru menyadari memiliki kelainan ini setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu SVT ini kambuh.

Karena berhubungan dengan jantung, kerap penderita dan orang sekitar panik menanganinya. Namun sebenarnya ada cara sederhana untuk meredakan debaran jantung pada penderita SVT ini lho.

dr Vito memberikan saran untuk penderita diberikan minum air dingin atau taruh wajahnya di wadah air dingin, atau juga bisa dengan tahan napas sejenak.

"Tapi kalau berlangsung lama sebaiknya ke RS saja bisa diberikan obat suntikan intravena," tambah dr Vito, kepada detikcom saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).

Jika kelainan ini dirasa mengganggu dan sering kali muncul pertimbangkanlah untuk mengobatinya hingga sembuh. dr Vito mengatakan, telah ada pengobatan bagi pasien dengan kelainan SVT. Penyembuhan sepenuhnya bisa melalui metode ablasi.

Namun sebelum memutuskan untuk memakai metode ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Karena belum tentu debaran yang Anda derita akibat SVT.

"Minta advis dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah karena setiap pasien yang berdebar belum tentu SVT dan mungkin masih perlu pemeriksaan penunjang untuk mengkonfirmasi dugaan ini," pungkasnya.

Sebelumnya viral Ilham Rachmat Putera, seorang mahasiswa di Bandung, menuliskan pengalamannya tersebut di Twitter pada 12 Desember 2019, yang kemudian banjir komentar dan disebarkan atau retweet hingga ribuan kali.

Dikisahkan, Ilham mendadak mengalami jantung berdebar yang tidak beraturan. Tubuhnya terasa sangat tidak nyaman, sehingga ia dilarikan ke UGD sebuah rumah sakit. Di sana, ia mendapat oksigen untuk melancarkan pernapasan.

Ilham menceritakan bahwa siang sebelumnya, rupanya ia makan bakso dan dilanjut minum es kopi berukuran large pada sore harinya, di sebuah kedai kopi.

Seusai mempersiapkan ujian akhir semester, ia pulang ke rumah pada pukul 9 malam lalu makan nugget dengan porsi cukup banyak hingga perutnya terasa mual. Ilham mulai merasa tidak nyaman karena susah tidur dan berkeringat dingin.

Makin lama, muncul rasa cemas dan jantung berdebar-debar. Sekitar pukul 00:30, ia berinisiatif memeriksakan diri ke UGD. Setelah diperiksa, ia mendapat oksigen dan obat yang disebutnya untuk menurunkan frekuensi detak jantung.

"Diagnosa dokter karena telat makan atau mengonsumsi kopi merupakan penyebab keluhan saya tersebut," jelasnya, Kamis (19/12/2019)

Ilham menjelaskan, dirinya tidak sampai dirawat inap. Selain karena masih harus menyiapkan ujian akhir semester, kondisinya juga sudah stabil.


Terkait thread-nya yang viral, Ilham berharap tidak memicu kepanikan dan ketakutan berlebih di kalangan pecinta kopi. Ia juga tak ingin kedai-kedai kopi kehilangan rezeki karena pelanggannya ketakutan setelah membaca kisahnya.


"Pesan saya untuk para penikmati kopi adalah kenali jenis kopi yang hendak diminum dan yang paling utama kenalilah kondisi tubuh, bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang bisa memicu sistem saraf pusat, bagi yang tidak terbiasa meminum kopi atau meminum minuman mengandung kafein bisa menjadi sebuah petaka dan penderitaan. 'Jadi knowing your self!' dan sewajarnya..," pesan Ilham.(detik.com)



from Berita Heboh https://ift.tt/2MbaWJW
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan

Sekianlah artikel Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan Hingga Penjelasan dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/12/viral-masuk-ugd-usai-minum-kopi-ini.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

1 komentar:

bam dum tus mengatakan...

ayo daftar di agen365*com :D
WA : +85587781483

Posting Komentar