Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil

21.25
Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IFKNews Sekilas Politik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil
link : Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil

Baca juga


Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil


Beritaterheboh.com - Pembenahan yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir ikut menyasar salah satu perusahaan BUMN terbesar, PT Pertamina (Persero).

Perusahaan migas ini ikut menjadi sorotan lantaran memiliki anak cucu perusahaan dengan jumlah yang terbilang banyak, yakni mencapai 142 perusahaan.

Hal tersebut terungkap ketika dirinya melakukan rapat bulanan dengan perusahaan minyak dan gas pelat merah tersebut.


"Kemarin saya rapat dengan Pertamina, ternyata ada 142 perusahaan di Pertamina," ujar Erick Thohir, seperti yang dikutip dari Kompas.com Sabtu (14/12/2019).

Erick pun memaparkan, untuk lebih lanjut, dirinya meminta jajaran direksi dan komisaris Pertamina memetakan bisnis dari masing-masing entitas anak perusahaan tersebut.


Selain itu, dirinya juga meminta direksi dan komisaris untuk memeriksa kondisi kesehatan dari masing-masing perusahaan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keberadaan bisnis-bisnis yang justru merugikan perusahaan induk.

"Saya juga enggak mau nanti ternyata seperti saya bicara 142 perusahaan Pertamina hanya oknum-oknum yang akhirnya menggerogoti Pertamina. Nah, ini yang saya sudah minta laporan daripada direktur utama dan komisaris utama," ujar dia.

Erick berencana akan melebur bisnis-bisnis sampingan yang dimiliki oleh BUMN.


Hal tersebut untuk menindaklanjuti temuan mengenai banyaknya BUMN yang memiliki anak dan cucu usaha yang berbeda dari bisnis inti.

Banyak bisnis anak perusahaan Pertamina yang tak berkaitan dengan bisnis utamanya yang bergerak di bidang minyak dan gas.

Dilansir dari Kompas.com, bisnis anak usaha Pertamina yang berada di luar sektor energi sangat beragam dari mulai rumah sakit, hotel, bandara, maskapai penerbangan, properti, asuransi, hingga minimarket.


Usaha di luar sektor migas didasari karena perusahaan perlu memaksimalkan asetnya, terutama tanah.


Properti jadi satu dari sekian banyak usaha yang juga relatif cukup ekspansif yang digarap anak usaha Pertamina, PT Patra Jasa. Perusahaan ini sebenarnya bukan pendatang baru di dunia properti.

Patra Jasa telah puluhan tahun mengelola hunian elit (residential) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Berikut deretan apartemen mewah dan properti lainnya garapan Patra Jasa di sejumlah daerah di Indonesia yang dirangkum dari laman resmi Patra Jasa.

Patraland Amarta



Hunian mewah ini berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Mudal, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Apartemen ini menawarkan kelas hunian yang beragam mulai dari studio, satu kamar, hingga tipe premium yang memiliki dua kamar tidur.

Di apartemen ini, Patra Jasa menawarkan konsep harmoni desain modern dengan sentuhan tradisional Jawa dan menawarkan pemandangan Gunung Merapi.

Harga unitnya ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.


Patraland Urbano

Properti garaoan Patrajasa ini berada di Kota Bekasi dengan konsep mendekatkan diri dengan transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD).


Lokasinya terbilang strategis karena berada di jantung Kota Bekasi dan berada hanya selemparan batu dari Stasiun Bekasi.

Apartemen menawarkan 3 unit yakni studio, 1 kamar, dan dua kamar dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.



Patraland Soho

Soho Patra Park Cirebon merupakan proyek superblok di Cirebon.

Berada di atas lahan seluas 43.000 meter persegi, area ini menyatukan hotel bintang 4, gedung pendukung, fasilitas publik, dan area komersial.

Patra Park Cirebon dibangun di lokasi yang sangat strategis di Kota Rebon tersebut, tepatnya berada di Jalan Tuparev Kota Cirebon.


Perumahan Puri Jayasri

Di luar apartemen, Pertamina lewat Patra Jasa juga melakukan penetrasi bisnis properti sebagai pengembang perumahan di Serpong.

Sebagai pendatang baru, perusahaan telah menyelesaikan pembangunan Puri Jayasri Housing Complex sebagai proyek pertamanya yang unitnya terjual habis pada 2017.


Sementara itu, Patra Jasa juga tengah menggarap proyek properti lainnya seperti Patra Comfort Dumai dan Arkananta Apartemen.

Selain apartemen dan perumahan, Pertamina juga memiliki bisnis hotel yang masih dikelola oleh PT Patra Jasa.

Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5.

Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort.

Selain itu, ada pula lini bisnis Pertamina lain yang bisa dikatakan jauh dari core business perusahaan energi yakni pencucian mobil.


SPBU Prima

Karena permintaan jasa pembersihan kendaraan yang relatif tinggi, konsep usaha cuci mobil dipandang sebagai salah satu upaya memaksimalkan ruang di lahan SPBU-SPBU yang dikelola langsung PT Pertamina Retail.

Cuci mobil yang dikelola Pertamina mengusung brand Bright Wash. Tempat cuci mobil ini tersebar di beberapa SPBU COCO (Company Owned Company Operated).

Selain cucian mobil, ruang kosong dimaksimalkan PT Pertamina Retail dengan membangun jaringan minimarket Bright hingga penggantian oli mobil lewat bendera Bright Oli Mart.

Keberadaan usaha-usaha pelengkap di area SPBU Pertamina ini mulai digalakkan sejak Direktur Marketing Pertamina dijabat Ahmad Bambang.

Sejumlah SPBU Pasti Pas di-rebranding menjadi SPBU Pasti Prima dengan ciri khas warna kombinasi hijau, biru, dan merah.

Konsep SPBU Prima membuat pelanggan tak hanya merasa seperti mengisi BBM, tetapi juga bisa menikmati berbagai layanan lebih, seperti menikmati makanan cepat saji, bersantai, hingga berbelanja kebutuhan pokok.

Tribunnews.com

from Berita Heboh https://ift.tt/2PNpO27
via IFTTT


loading...

Demikianlah Artikel Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil

Sekianlah artikel Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bikin Mupeng! Ini Deretan Perusahaan Anak Cucu Pertamina di Luar Sektor Energi: Perumahan hingga Bisnis Cuci Mobil dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/12/bikin-mupeng-ini-deretan-perusahaan.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar