Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya

15.42
Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kabar Terbaru, Artikel Update News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya
link : Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Baca juga


Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Raudah. 
SERANG, KabarXXI.Com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten bersama Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi (Disperdaginkop), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, menemukan bahan makanan yang mengandung zat berbahaya saat melakukan operasi gabungan di Pasar Tamansari Kota Serang, Banten, Rabu, 08 Mei 2019.

Diketahui, dari 21 sampel makanan yang diambil dari para pedagang di pasar tersebut, 5 diantaranya positif mengandung zat pewarna tekstil, formalin dan boraks. 

"Satu sampel terasi mengandung rhodamin B, dua sampel tahu mengandung formalin, satu sampel sekoteng mengandung rhodamin B, dan satu sampel sotong aneka rasa mengandung boraks," kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Disperdaginkop Kota Serang, Raudah.

Raudoh juga menjelaskan, tujuan datang ke Pasar Tamansari adalah bentuk pengawasan dalam melaksanakan peraturan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Apalagi di momen puasa ini, banyak pedagang bermunculan.

"Tentunya dalam hal ini, kami harus melakukan pengawasan terhadap barang yang mereka jual, terutama makanan," katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya akan mendatangi tempat pengolahan makanan yang positif terkandung zat berbahaya.

"Apabila mereka (pedagang)  masih membandel, dan tetap menjual barang dagangannya, akan kami datangi serta melihat langsung proses bahan-bahan pembuatannya," tegasnya.

Untuk penyitaan, kata Raudoh, pihaknya tidak memiliki kewenangan atas hal tersebut. Karena menurutnya, para pedagang ini hanya menjual dari si pengirim barang, bukan membuatnya sendiri.

"Jadi, kami tidak boleh merugikan pedagang juga. Bahkan untuk sampel ini saja kami membelinya dari para pedagang. Jadi tidak ada yang dirugikan, dan jangan sampai merugikan juga. Tentunya bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan ini juga jangan sampai bebas beredar," pungkasnya. (Arie)


source http://www.kabarxxi.com/2019/05/sidak-di-pasar-tamansari-petugas.html


loading...

Demikianlah Artikel Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Sekianlah artikel Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sidak di Pasar Tamansari, Petugas Temukan 5 Makanan Mengandung Zat Berbahaya dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/05/sidak-di-pasar-tamansari-petugas.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar