Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia

16.52
Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Comot Kabar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia
link : Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia

Baca juga


Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja rupiah hari ini cukup memuaskan. Tidak hanya di hadapan dolar Amerika Serikat (AS), rupiah juga menguat terhadap mayoritas mata uang utama Asia. Pada Kamis (23/5/2019) pukul 13:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.485. Rupiah menguat 0,24% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya. 
Tidak cuma dolar AS yang menjadi korban rupiah. Sebagian besar mata uang Asia juga tidak berdaya di hadapan rupiah. Hanya ringgit Malaysia dan baht Thailand yang gagal ditaklukkan oleh rupiah.  Faktor pendorong penguatan rupiah adalah technical rebound. Rupiah memang sudah lumayan lama melemah, sehingga menyimpan energi untuk berbalik arah. Sejak akhir pekan lalu hingga kemarin, rupiah melemah 0,27%. Kemudian di hadapan yuan China, rupiah terdepresiasi 0,69% dan melawan won Korea Selatan rupiah melemah 0,91%. 
Selain itu, beban rupiah juga terangkat karena situasi dalam negeri yang telah kondusif. Dalam dua hari terakhir, investor khawatir akibat gelombang demonstrasi usai pengumuman hasil Pemilu 2019. Pada 21 Mei, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin sebagai pemimpin Indonesia untuk 2019-2024. Keputusan itu ditolak oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Selepas keputusan KPU, gelombang demonstrasi melanda ibu kota. Bahkan aksi tersebut berujung ricuh di sejumlah titik seperti gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tanah Abang, dan Petamburan. Gangguan keamanan ini membuat investor, terutama asing, tentu merasa tidak nyaman. Arus modal keluar membuat pasar keuangan Indonesia tertekan sehingga rupiah melemah. Namun hari ini situasi sudah kondusif. Tidak ada lagi aksi demonstrasi yang bisa menyebabkan keributan. Sudah adem ayem. Arus modal pun kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia. Di pasar saham, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat sampai 1,51% pada pukul 13:2 WIB. IHSG menjadi yang terbaik di Asia. Selamat, rupiah!

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/30B1MMJ


loading...

Demikianlah Artikel Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia

Sekianlah artikel Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rupiah Gagal Sapu Bersih Asia, Terjegal Ringgit dan Baht - CNBC Indonesia dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/05/rupiah-gagal-sapu-bersih-asia-terjegal.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar