Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat

14.25
Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KUTULIS.id, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat
link : Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat

Baca juga


Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat



Menjaga kesehatan gigi anak itu sangat penting sekali, bisa dimulai sedini mungkin saat m,asih bayi. Merawat gigi bayi sejak bayi akan sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan gigi dan mulutnya sejak ia masih bayi hingga ia menjadi dewasa.

Para orangtua pasti bertanya-tanya, kapan sih saat yang tepat untuk merawat kesehatan gigi bayi? Jwabannya adalah sejak gigi pertama pada anak tersebut muncul. yaitu sekitar anak berusia enam bulan.

Saat gigi belum muncul, anda hanya cukup membersihkan gusi bayi dengan cara mengusapnya secara lembut menggunakan kain kasa atau kain yang bersih yang telah dicelupkan kedalam air hangat.


Foto: Pixabay



Cara Merawat Gigi Bayi

Banyak cara sebetulnya yang bisa dilakukan untuk merawat gigi bayi anda. mulai dari perawatan mandiri yang dilakukan oleh anda sendiri dirumah hingga memeriksakannya ke dokter gigi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lalukan untuk merawat kesehatan gigi anak anda. berikut penjelasannya:

1. Menyikat Gigi Bayi Dengan Benar

Ketika bayi sudah mulai tumbuh giginya, anda bisa lakukan dengan menyikat giginya dengan sikat gigi yang telah di desain khusus untuk bayi. Sedangkan untuk pasta giginya, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan juga oleskan hanya sebesar butiran beras ke bagian bulu pada sikat gigi tersebut. sikatlah dengan cara keluar dan kedalam di gigi bayi anda. dan juga lakukan selama 2 kali dalam sehari dengan lembut.

2. Jangan Pernah Biarkan Bayi Tidur Dengan Botol Susu Yang Masih Menempel di Mulutnya

Cara ini merupakan cara yang paling utama dalam menjaga kesehatan gigi pada bayi anda. Ketika anda membiarkan bayi anda tidur dengan botol yang masih menempel pada mulutnya, susu akan mengumpul dan akan menyebabkan kerusakan pada gigi bayi anda. Penggunaan botol susu juga sebaiknya dibatasi hanya pada saat anak anda mencapai umur satu tahun.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat Setiap Hari

Ketika anak anda sudah bisa mulai untuk makan, biasakanlah memeberikannya makanan yang sehat untuk dirinya. Hindari makanan yang banyak mengandung gula, karena dapat mengancam kesehatan pada gigi bayi anda. Selain itu juga anda jangan sampai lupa untuk memberikannya air putih kepada bayi anda setelah mereka makan. untuk membilas sisa makanan yang telah dimakan oleh bayi anda lakukanlah dengan cara membilas sisa makanan yang masih menempel pada giginya.

4. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Gigi

Kebanyakan dari orangtua membawa anaknya ke dokter gigi pada saat gigi anaknya mengalami kerusakan dan juga berlubang. Namun, hal ini tidaklah benar, anda juga perlu memeriksakannya rutin ke dokter pada saat anak anda sudah mulai tumbuh gigi pertamanya, dengan melakukan pemeriksaan rutin, dokter gigi pun bisa memantau pertumbuhan pada gigi bayi anda. Anda juga pun bisa berkonsultasi dengan dokter gigi tersebut terkait pertumbuhan dan kesehatan gigi pada bayi anda.
Merawat gigi bayi sejak pertama kali gigi pertamanya muncul sangatlah penting untuk kesehatan gigi bayi anda, Jika anda melakukan kebiasaan baik ini sejak dini, hal tersebut akan terus terbawa hingga ia menjadi dewasa. Dengan begitu, mereka bisa tersenyum lebar dengan gigi yang bersih dan juga terawat kesehatan giginya..

Sumber: Drg. Viera Fitani


loading...

Demikianlah Artikel Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat

Sekianlah artikel Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Merawat Gigi Bayi Agar Tetap Sehat dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/04/tips-merawat-gigi-bayi-agar-tetap-sehat.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar