Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance

15.58
Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance - Hallo sahabat IFKNews, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Comot Kabar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance
link : Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance

Baca juga


Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance

Yogyakarta - Yogyakarta International Airport (YIA) resmi dipilih sebagai nama bandara baru di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (DIY). Segala persiapan telah dilakukan Kementerian Perhubungan untuk menyambut operasi perdana pada akhir bulan April ini.

"Nama resmi Yogyakarta International Airport (YIA), atas saran Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY). Dan kita setuju semua," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela meninjau Bandara YIA, Rabu (24/4/2019).

Budi menyampaikan kementeriannya sedang mengusulkan agar operasional perdana bisa ditandai dengan pendaratan pesawat kepresidenan bersama Presiden Jokowi.

"Operasi perdana tunggu waktu presiden untuk landing pertama kali di Kulon Progo, kita harapkan Indonesia 1 yang landing di sini," jelas Budi.

"Kita sedang usulkan ke presiden, untuk melaksanakan penerbangan pertama. Kita harapkan pekan depan, waktunya kita persilakan ke presiden," lanjutnya.

Sertifikat bandar udara juga telah keluar setelah memenuhi syarat minimum safety dan security. Saat ini Angkasa Pura I tinggal menyelesaikan finishing untuk minimum operasi.

"Terminalnya masih berproses, runway sudah selesai 100 persen dengan kualifikasi paling baik di Indonesia, dari panjang 3.200, lebar 75 meter, dan daya dukung di atas 100, memungkinkan runway ini bisa digunakan untuk pesawat apapun, misalnya 380 airbus, bisa mendarat di sini," terang Budi.

"Bandara satu cerminan dari pemerintah pusat yang akan membuat 'empat Bali', yaitu Danau Toba, Yogyakarta, Mandalika, dan Labuhan Bajo. Borobudur dari sini cukup dekat, artinya turis-turis yang selama ini ke Indonesia lewat Soekarno-Hatta, lewat Bali, diharapkan nanti lewat sini. Yogya sebagai salah satu tujuan wisata, kita kerja sama dengan pemerintah daerah," imbuh Budi.

Sementara itu untuk aksesibilitas calon penumpang YIA, tahap pertama menggunakan kereta api yang bisa diakses dari Stasiun Maguwo dan Stasiun Tugu kemudian berhenti di Stasiun Wojo.

"Juga disiapkan bus Damri, kalau kereta api berangkat dan berhenti di Maguwo dan Tugu, bus akan berhenti ujungnya di Terminal Giwangan," ujar Budi.

"Tapi yang akan datang, atas saran gubernur (DIY), kita akan bangun kereta api langsung dari Yogya ke sini (dalam kompleks bandara). Itu akan selesai kira-kira akhir 2020," pungkasnya.

(eds/eds)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2VZeKRG


loading...

Demikianlah Artikel Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance

Sekianlah artikel Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berubah! Ini Nama Resmi Bandara Kulon Progo - detikFinance dengan alamat link https://ifknews.blogspot.com/2019/04/berubah-ini-nama-resmi-bandara-kulon.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar